Mahasiswa KKNM

Inilah Nama – Nama Mahasiswa KKNM – PPMD Integratif Universitas Padjadjaran di desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis Periode Juli – Agustus 2012 

.

Nama          : Afike Ayu Wulandari

Panggilan    : Afike/Pike

Facebook    : Afike Wulandari (https://www.facebook.com/afikeayu)

Fakultas      : Teknologi Industri Pertanian

Email          : afikeayu@yahoo.com

Kesan-kesan selama KKNM di Desa Kondangjajar :

Dan inilah saya, salah seorang dari para KKNM-ers Kondangjajar. Desa Kondangjajar merupakan desa tujuan saya KKNM, saya tidak kenal sama sekali dengan desa Kondangjajar ini. Dari mulai kebiasaan dan bahasanya, karena memang saya bukan orang Sunda. Tapi setelah tinggal di sini selama beberapa minggu, saya merasakan perbedaan yang sangat amat besar antara masyarakat di desa ini dan masyarakat kampus yang terdiri dari para mahasiswa.Dari masyarakat desa Kondangjajar yang terbagi menjadi empat dusun, yakni Binangun, Cikaler, Kalensari dan Garunggang. Saya mendapatkan banyak sekali pelajaran yang mengesankan dari para warga desa.

Kesan yang dimunculkan oleh warga desa disetiap waktu mulai dari sebelum Subuh sampai setelah Isya. Di setiap sebelum subuh dan setelah Isya, saya mendengar beberapa warga desa mengaji. Kereligiusan terasa dari para warga yang seluruhnya merupakan muslim. Setelah subuh menjelang pagi, anak-anak tetangga kami sangat bersemangat untuk membangunkan kami untuk mengajak bermain. Setiap pagi terdengar suara mereka yang memanggil-manggil. Semangat dan keceriaan mereka sangat mengesankan, seakan hari ini akan sangat lebih menyenangkan dari hari kemarin. Menjelang sore pula anak-anak selalu mengajak bermain bersama. Setiap pagi pula saya bertemu tetangga yang tak ragu tersenyum. Sapa serta senyum juga saya temukan pada setiap jalan menuju manapun. Keramah-tamahan ini menjadi contoh bagi saya untuk menerapkannya di masyarakat kampus.

Sesuatu yang mengesankan pula bagi saya adalah bagaimana para warga desa memperlakukan saya seperti warga desa lainnya walaupun saya bukan orang Sunda. Warga desa sangat perhatian pada saya yang kurang mengerti bahasa Sunda dan menjelaskan seluruhnya dengan bahasa yang saya mengerti. Sebenarnya bukan hanya para warga desa yang menyambut saya dengan semangat, keramah-tamahan juga perhatian. Pak kepala desa dan para bapak kepala dusun serta perangkat desa juga sangat terbuka pada saya untuk membuat dan mendiskusikan program kerja desa dan program kerja kami. Kritik, usulan dan saran dengan sangat baik disampaikan yang membuat kami juga tidak takut menyampaikan pendapat kami.

Para perangkat desa dan warga desanya benar-benar memiliki sifat yang sangat mengesankan. Saya mendapatkan semua perhatian dan tenggang rasa yang tercipta antar warga, ini membuat saya bangga menjadi KKNM-ers Kondangjajar dari anak kecil hingga yang telah lanjut usia.

.

Nama         : Arief Yuliardi K

Fakultas    : Peternakan

Email         : ariefsikodokautiss@yahoo.com

Twitter       : @dhokz09

Facebook  : Arief Yuliardi (https://www.facebook.com/ariefky)

KKNM di Desa Kondangjajar itu …………… Merasa sangat nyaman meski baru sebentar tinggal disini, kerena disini saya mendapatkan keluarga baru yang berbeda dengan keluarga yang ada di Bandung sana. Sedikit salah paham akan perbedaan pendapat atau gara – gara BADMOOD itu hal biasa 😀 .

Disini saya menemukan teman baru yang memang bisa dikatakan LANGKA dan baru sekarang ini menemukan orang yang seperti itu ( sebut saja dia mawar, melati, anggrek, dan lain-lain ) . hahahahahaa Terimakasih kepada bapak Kuwu (Kepala Desa), para bapak Olog (Kepala Dusun) yang selalu mengajak saya keliling mengitari desa dan disuguhi berbagai macam makanan yang nikmat, kepada seluruh warga Desa Kondangjajar mulai dari yang muda hingga tua yang telah memberikan saya khusunya pelajaran yang sangat langka dan tidak gampang untuk didapatkannya serta tidak ada di bangku kuliah .

MOAL RUGI KKNM DI DESA KONDANGJAJAR

Pesan :

Kita disini adalah KAWAN ! Kita disini adalah SAHABAT ! Kita disini adalah SAUDARA, dan Kita disini adalah KELUARGA ! *Ga lengkap KKNM di daerah Ciamis kalo ga ke Pantai !

.

Nama          : Arion Euodia Saragih Garingging

Panggilan    : Arion; Ari

Asal            : Bahpasunsang, Simalungun, SUMUT

Fakultas      : Pertanian

Email           : euodia_zerox@yahoo.com ; arioneuodia@gmail.com

Twitter         : @arioneuodia

Facebook   : Arion Euodia Saragih ( https://www.facebook.com/3u0d14 )

Blog            : http://arioneuodia.blogspot.com/

kesan saya selama KKNM di Desa Kondangjajar

Amazing, satu kata yang menggambarkan suasana yang saya rasakan selama KKN di desa Kondangjajar, Cijulang, Ciamis. Keadaan yang belum pernah saya rasakan dan nikmati sebelumnya, saya dapatkan di desa ini. Betapa senangnya saya rasakan selama KKN, teman – teman KKN yang baik – baik, gokil – gokil dan mempunyai kerjasama dan kerja keras yang tinggi menyempurnakan keadaan selama KKN.

Tidak lupa juga dengan masyarakat di desa Kondangjajar dan aparat desa yang selalu siap sedia membantu kami untuk melaksanakan segala kegiatan kami selama KKN.Masyarakat yang begitu ramah, sopan dan baik yang selalu ada disaat kami butuhkan, seakan – akan sudah kami anggap menjadi bagian dari keluarga kami sendiri. Mereka sudah kami anggap sebagai orang tua kami di desa ini begitu juga dengan aparat desa Kondangjajar yang gokil, ramah dan tentunya sangat baik.

Satu hal lagi yang saya rasakan menjadi penyempurna keadaan selama KKN yaitu keberadaan anak – anak baik SD maupun TK yang selalu datang setiap sore ke penginapan kami untuk mengajak bermain. Suara dan teriakan mereka saat bermain begitu melekat ditelinga saya sampai saat ini, terkadang saya merasa bahwa mereka ada disekitar saya dengan suara yang ramai dan ceria saat mengajak bermain dan saat bermain.

Keindahan alam yang ada di desa Kondangjajar ini begitu bagus dan banyak, sehingga ketikapun saya merasakan gundah atau yang berhubungan dengan kata itu, suasana hati saya menjadi tenang ditambah lagi dengan angin pantainya yang sejuk dan mewarnai suasana hati. (asyekkkk…. 🙂 🙂 🙂 ) Kenangan selama KKN ini memang sangat menakjubkan bagi saya dimana disamping saya merasakan bahagia dan keluarga baru, saya mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga sebagai modal saya kelak nanti menjadi orang sukses (Amin).

Saya berharap, semoga suatu saat nanti saya bisa bertemu kembali bersama teman – teman KKN, masyarakat dan aparat desa Kondangjajar, serta anak – anak yang lucu – lucu dan menggemaskan.

pesan :

Untuk teman – teman KKNM : Ingatlah teman, kita tidak akan berpisah, ini masih awal pertemuan kita. Mari berjuang bersama – sama menempuh masa depan kita yang lebih baik dan tetap menjaga komunikasi diantara kita. Kalian adalah kelaurga baruku yang selalu kukenang dan tidak akan pernah aku lupakan.

Untuk Desa Kondangjajar : Tetap pertahankan rasa memiliki dan gotong – royong yang tinggi semoga desa Kondangjajar akan lebih baik lagi ketika suatu nanti kami datang ke desa ini. 

Terima Kasih Teman – Teman KKNM dan Desa Kondangjajar

.

Nama         : Bob Adyari

Email         : adyari_808@yahoo.com

Fakultas    : MIPA (Biologi)

Facebook  : Bob Adyari (https://www.facebook.com/bob.adyari)

Kesan dan pesan KKNM Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, 2012

Sebenarnya nama desa ini tidak baru bagi saya, bahkan sebelum list desa tujuan KKNM – PPMD periode Juli – Agustus 2012 diumumkan. Yah, tempat ini adalah desa tempat KKN senior saya yang kuliah di FTIP Unpad. Setelah mendengar rekomendasinya dan tanpa pertimbangan terlalu banyak saya memiliih desa ini menjadi desa tujuan KKN saya. Singkat cerita, akhirnya saya berangkat ke desa bernama Kondangjajar tersebut.

Sesampainya di sana, kami disambut oleh perangkat Kecamatan Cijulang dengan baik. Kami diantarkan ke rumah kost kami selama di sini, yaitu rumah Pak Edi yang menjabat sebagai kaur keuangan di desa ini. Awalnya agak canggung dan terasa kurang nyaman berada di lingkungan baru bersama orang baru dengan sifat baru juga. Ada dua lingkungan baru yaitu teman KKN yang notabene adalah mahasiswa dan masyarakat Desa Kondangjajar. Keduanya memiliki beberapa keunikan yang awalnya dirasa nyaman maupun tidak nyaman bagi saya. Namun, begitulah, kita harus bisa belajar, mengerti, dan merima hal – hal di lingkungan baru yang disuka ataupun kurang disukai. Berjalan waktu, semua itu mulai bisa diatasi dan akhirnya saya merasa mulai nyaman dengan kondisi yang ada. Ini adalah salah satu pelajaran penting yang didapatkan di KKN yaitu, kita dimasukkan ke lingkungan baru yang mengharuskan kita beradaptasi agar tujuan bersama kita dapat tercapai. Bagi saya ini adalah simulasi kita masuk ke dalam masyarakat yang sesungguhnya.

Saya menyadari bahwa dalam lingkungan masyarakat, ternyata sulit untuk menerapkan ilmu yang saya dapatkan di perkuliahan. Apalagi saya berasal dari jurusan ilmu dasar yaitu biologi. Saya semakin merasa perlu mengeksplor jarak semu yang terdapat antara ilmu biologi dan ilmu terapan. Masyarakat tidak perlu ilmu biologi, mereka butuh ilmu pertanian, peternakan, perkebunan dan ilmu aplikatif lainnya. Tanpa mampu menerjemahkan biologi saya kepada masyrakat, saya akan gagal! Di sini lain, desa ini juga menghadirkan keindahan dan pelajaran hidup yang berarti yang agaknya sulit didapatkan di kota.

Pemandangan desa dan bentang alamnya benar – benar menenangkan dan membuat kita takjub. Di sini masih terdengar suara bermacam – macam burung, tokek, ayam, dan suara alam lainnya. Hampir tiap beberapa meter dapat dijumpai pohon kelapa, pisang, dan tanaman pekarangan lainnya. Salah satu dusun yang letaknya agak jauh ke pelosok di desa ini juga tak kalah indah. Untuk mencapainya, kami harus melewati hamparan sawah yang cukup luas. Pemandangan sawah ini makin lengkap karena dikelilingi oleh lansekap pepohonan khas desa ini. Di tepi jalan, petani menanam tumbuhan kacang – kacangan sebagai pembatas. Air irigasi untuk sawah ini juga sangat jernih dan mengalir dengan deras. Perjalanan jauh ke dusun tersebut menjadi tidak terasa karena pemandangan menabjubkan tersebut. Perangkat desa dan warga juga memperlakukan kami dengan istimewa dalam berbagai hal. Hal yang sulit saya bayangkan untuk orang yang baru datang di suatu lingkungan jika hal ini terjadi di kota. Hampir setiap kali melakukan kunjungan, kami selalu diberikan “sesuatu” baik secara materil maupun moril.

Kamar mandi yang hanya berjumlah 1 untuk 16 orang pun tidak menjadi masalah karena kami diizinkan untuk menggunakan kamar mandi di rumah warga. Setelah melihat semuanya dengan sadar, saya jadi benar – benar mengetahui alasan KKN ini penting dilakukan oleh mahasiswa. Saya menjadi mengerti mengapa kita harus belajar dari dan bersama masyarakt desa, bukan memberikan pelajaran. Dengan ditempatkan dalam masyarakat kecil di desa, kita akan belajar bagaimana kehidupan di desa dari segi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, dan lain – lain. Sembari belajar, kita harus mencoba membiasakan diri dan memahami kondisi desa. Ketika kita sudah merasakan dan mengerti, kita akan menjadi bagian dari masyarakat desa. Saat itulah kita bisa memberikan masukan kepada masyarakat. Tentu saja masukan itu harus melewati berbagai pertimbangan yang kita dapatkan ketika kita belajar berbagai aspek di desa tersebut. Tentu agar masukan yang diberikan tidak merubah sistem yang sudah mantap di tempat tersebut Hal ini sama sekali tidak mudah dan saya beruntung pernah mencobanya sekarang.

.

Nama         : Citra Puspa Gumilang

Panggilan   : Acit

Asal            : Bandung

Facebook    : Citra Puspa Gumilang/(https://www.facebook.com/cpgumilang

Email         : citpus2710@gmail.com

Fakultas/Jurusan : TIP/ Teknologi Pangan

Kesan-kesan selama di kondangjajar :

Kondang jajar, desa yang menurut saya luar biasa. Warganya ramah-ramah dari mulai ‘orang biasa’ hingga aparat desa. Bayangin aja, baru banget saya dan teman-teman sampai ke pondokan, kami udah disambut oleh cerianya anak-anak yang tinggal di sekitar rumah kami dan akhirnya main bareng 😀 selain itu, kondangjajar juga desanya udah dibilang maju lah yaa tapi dari sini saya dan teman-teman banyak belajar.. Kami disini merasa sangat dianggap oleh masyarakat, karena setiap kegiatan sosial yang akan mereka lakukan, kami selalu diundang.

Para masyarakatnya juga sangat menghargai kami dan bahkan seperti.. nggg.. memanjakan kami hahaha. Bayangin aja, waktu kami lagi dateng ke acara pelatihan catering, waktu makanan udah jadi, tinggal dimakan nih ceritanya, siapaaa coba yang dapet giliran pertama nyerok makanan yang enak2 itu? Yaa. Kami. Hahaha, selain itu waktu kami dateng ke kondangannya pak kadus binangun, kan kursinya abis tu waktu itu, lah itu ibu-ibu sama bapa-bapa yang udah dateng duluan sampe diusirin dulu biar kami bisa duduk. Hahahaha dan apa cobaa yang ‘pengusir’ bilang? Beliau ngomong gini : ‘ngaralih heula, ngaralih. Ieu artis bade calik (Pada pindah dulu, pindah. Ini artis mau duduk)’ wakakaka asli lah, artis :)) gatau karena semua anak KKN dianggap artis, atau karena tu ibu liat muka aku yang mirip asmirandah? Sehingga menimbulkan motivasi untuk ngomong kayak gitu (lhoh? Hakcuh hakcuh) dan saat tiba waktu makan, as always.. kami selalu didahulukan. Wekekeke.

Belum lagi pas munggahan… kalo diceritain disini, PASTI ngiler. hahaha Ah banyak pokonya mah cerita tentang makannya, pokonya tinggal disini kami makmur sejahtera deh hahaha. (ngomong2 kok daritadi kesannya makannya doang ya? Loh e? loh? hahaha) Selain itu saya dapet teman-teman baru yang luar biasaaa (gilanya) hahaha tiap hari ada ajaaa bahan buat ketawa, hahaha. bikin ga (begitu) mau pulang 😀 Awawawa I’ll miss these moments.. for sure  Teruuus, kondangjajar juga cukup dekat fasilitas umum kayak pasar tradisional, bank BRI, ATM BNI, alfamart dan indomaret, jadi ga susah kalau mau belanja. Selain itu juga kondangjajar deket banget sama tempat wisata kayak pantai pangandaran, batu karas, batu hiu dan green canyon.

Pokonya kalo lagi bosen dan ga ada proker, gampang deh mau refreshingnya. Hehehe. Aduh apalagi yaa? Agak bingung juga mau nulis apa.. ga bingung juga sih, soalnya kalo ditulis semua pastiiiii panjang 😀 karena ini disuruh singkat, maka dari itu aku cukupkan sekian 😀 terima kasih.

.

Nama          : Friska Fitriaresty

Panggilan    : Friska

Facebook    : Friska Fitriaresty (https://www.facebook.com/friska.fitriaresty)

Fakultas     : Peternakan

Email          : dekhafunisia@gmail.com

Kesan-kesan selama KKN di Desa Kondangjajar :

Hal pertama yang dirasakan setelah tiba di Desa Kondangjajar adalah lumayan menyenangkan karena baru saja sampai sudah disambut dengan keceriaan anak-anak disekitar pondokan. Setelah beberapa hari tinggal di Desa Kondangjajar tepatnya Dusun Binangun ini, rasa yang lumayan menyenangkan itu bertambah menjadi sangat menyenangkan, apalagi tinggal bersama teman-teman yang asik dan mudah beradaptasi dengan yang lainnya.

salah satu hal yang saya senangi yaitu kekompakan dan kedisplinan teman-teman disini, dari mulai berangkat sampai proses mengerjakan beberapa program kegiatan bersama warga dan perangkat desa. Pertamanya sih agak sedikit ragu teman-teman disini bisa berbaur, tapi ga perlu waktu lama, kita semua sudah seperti keluarga yang saling melengkapi dan saling membuli satu sama lain hahaha (menurut saya sih ciri-ciri kita sudah mulai membaur itu, ditandai dengan saling membuli 😀 ) Sampai saat ini, saya belum merasa bosan dengan suasana pondokan yang bisa disebut RUMAH KITA ini, karena ada saja hal yang menarik untuk diperbincangkan, seperti antri pada saat mandi, bersih-bersih rumah, makan bersama sampai bermain UNO.

Ada lagi yang bikin saya belum dan jangan sampai merasa bosan di rumah kita ini, yaitu tiada hari tanpa tertawa hahahaha. Tapi dibalik keceriaan kita itu, ada hal atau bahkan beberapa hal yang perlu dan harus kita beri kepada warga Desa Kondangjajar. Beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan bersama warga Desa Kondangjajar yaitu ikut serta dalam pembuatan jalan di Dusun Cikaler, mengunjungi dan menganalisis unit koperasi simpan pinjam, melihat bagaimana strategi pemasaran dipasar hewan , bersama-sama membuat POC dengan peternak, ikut membantu posyandu, bersih-bersih mesjid, mengikuti BKB, dan masih banyak lagi kegiatan yang kami ikuti.

Hal yang menarik juga terletak pada perbedaan sifat kita yang terkadang bisa menjadi pertengkaran kecil, tapi hal kaya gitu ga akan memecahkan rasa kekeluargaan kita 🙂 . Intinya sifat tiap orang berbeda-beda, dan hanya di Desa Kondangjajar lah perbedaan itu bisa diatasi dengan keceriaan kita yang berujung pada kebahagiaan hahahaha. Belum tentu kan kita bisa seseneng ini kalo bukan di Desa Kondangjajar??? yeeessss pastinya . 😀

Pesan untuk teman-teman :

Tali silahturahmi kita jangan sampe putus ya 😀 , dan budayakan buli membuli untuk menambah keceriaan kita hahaha.

.

Nama         : Katrin Legika

Panggilan   : Cathy

Email          : katrinlegika@gmail.com

Facebook   : katrin legika (https://www.facebook.com/katrinlegika)

Twitter       : @katrinlegika

Fakultas    : Ekonomi

Jurusan     : Akuntansi

Kesan selama di Kondangjajar:

Seru abiiissss KKN di Kondangjajar, penduduknya ramah-ramah dan royal sekali pokoknya sebulan disini kita gak pernah kelaperan. Setiap hari di sampeur anak-anak kecil buat maen, pagi dan siang halaman depan rumah pasti penuh dengan guyonan anak kecil. Belum lagi disini serasa dikota…semua fasilitas komplit mulai dari atm,pasar,mini market,dll.

Yang paling asik, tempat liburannya itu deket ke semua objek wisata seperti pangandaran, batukaras, green canyon, dll. Anak-anak se-KKN juga asik-asik, setiap hari diisi dengan berbagai canda tawa dan gossip-gosip. Gag akan pernah nyesel dapet berbagai pengalaman berharga selama disini ^_^

.

Nama         : Restia Anjani

Panggilan   : tya

Facebook   : Restya ‘tya’ anjani (https://www.facebook.com/restya.anjani)

Twitter        : @tyanjani

Fakultas     : Peternakan

Email         : Restia.anjani@yahoo.co.id

Kesan :

IS..TI…MEWA…. Ramah, baik dan menyenangkan warga-warga sekitar sehingga tidak sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. UWOW banget bisa mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi.

Pesan :

Jangan pernah lupakan kenangan manis kita bersama di desa kondangjajar guys :* Aku tanpamu butiran debu…

.

Fullname  : Sandra Caecilia Samosir

Nickname : Sandra

Faculty     : Psikologi

Hobby      : Hunting bule! -,-”

E-mail       : sandra_cecil@ymail.com

Facebook : Sandra Caecilia Samosir (https://www.facebook.com/sandra.c.samosir)

Twitter      : @ciliacae

Hey, fellas! 😀 This is a very little story about my KKN life during 1 month in KONDANGJAJAR village! You have to know guys, having KKN here, is an awesome moment with 15 other colorful friends, magnificent pondokan, friendly people and many beautiful tourism place i’ve ever visited.

Buat teman-teman KKN Kondangjajar periode 2011/2012, keep kompak ya guys! Pesan buat para reader, khususnya buat mahasiswa yang pengen KKN, get this place for your great KKN time guys :D. Dan buat para penduduk beserta perangkat desa Kondangjajar, terimakasih untuk sambutan dan respon hangatnya, semuanya membuat kita makin betah tinggal disini 🙂

.

Nama         : Shananta Natalia

Panggilan   : Shananta

Facebook   : Shananta Natalia (https://www.facebook.com/shananta.natalia)

Fakultas     : Psikologi

Email          : shanluvmom@yahoo.com

• Kesan selama di desa Kondangjajar

Sungguh mengasyikkan dan membahagiakan. Disini para warganya sangat ramah dan baik hati serta sangat perhatian terhadap kami. Ya.., bisa dikatakan bahwa kami sudah dianggap sebagai ‘anak sendiri’ oleh warga sekitar disini. Selain itu, anak-anaknya juga terlihat ceria dan dengan cepat sudah bisa bersahabat dengan kami.

Tak hanya itu, kami pun juga dijaga dengan baik oleh warga di sekitar lingkungan. Hmm.., saat ini saya merasa bingung mengenai apa yang mau ditulis karena saya sendiri termasuk orang yang agak susah untuk mengekspresikan apa yang ingin diungkapkan terutama jika dituangkan dalam bentuk tulisan. Namun, yang pasti saya merasa senang dan betah selama tinggal sementara disini. Selama disini kegiatan-kegiatan yang kami lakukan bersama dengan warga sungguh amat terasa menyenangkan dan kami pun mendapat banyak pembelajaran dari tiap kegiatan tersebut.

Kegiatan yang menurut saya paling membahagiakan ialah kegiatan Munggahan bersama seluruh perangkat desa yang dilaksanakan di Cijulang Permai dekat Pantai Batu Karas. Alasannya ialah makanannya sangat enak, nikmat, dan sedap, seperti slogan Pak Bondan yaitu ‘Maakknnyuusss…’ dan ‘Ueennaakkk teennaann…’, hahaha… 😀 Tetapi tidak hanya kegiatan itu juga, ya banyak juga kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan sebelumnya cukup menyenangkan. Para warga disini juga selalu mendahulukan dan peduli dengan kami sehingga kami pun merasa terharu akan kebaikan mereka.

Thank you so much for all your kindness. Akhir kata, Desa Kondangjajar is the very best place ever than i never be seen before at the other place. 

Pesan untuk desa Kondangjajar :

Tetap kompak, berjaya selalu, dan hidup sejahtera sentosa… Love and miss Desa Kondangjajar so much and forever. Muaacchh…muaacchh…muaacchh… :*

.

Nama         : Valerie Nidia Amanda

Panggilan   : Vania

Facebook   : Valerie Nidia Amanda (https://www.facebook.com/valerievania)

Twitter       : @valerievania

Fakultas    : Ekonomi

Email        : valerie.vania@gmail.com

Kesan :

Ga nyesel banget milih KKN di Desa Kondangjajar. Banyak pelajaran yang didapet selama tinggal di desa ini. Keramahan dan kehangatan warga di sini membuat saya betah tinggal disini. Teman-teman KKN yang tinggal satu rumah juga sangat baik, semuanya bisa saling menerima. Walaupun disini ga ada televisi, tapi di rumah ga pernah ngerasa sepi dan bosan, banyak kegiatan yang kami lakukan untuk mengisi waktu di rumah, mulai dari bersih-bersih rumah, masak bareng, ngerujak, nonton film, dan main UNO yang hampir tiap malam menjadi rutinitas kami 😀 Teman-teman disini udah kayak keluarga. Jujur, kayaknya bakal sedih kalo harus pisah sama teman-teman KKN Kondangjajar :’) hampir semuanya dilakuin sama-sama.

Bakal banyak banget kenangan dari KKN disini, mulai dari ledek-ledekan, pergi bareng buat jalanin proker, makan bareng, main makan evaluasi bareng di ruang tengah, sampe liburan bareng ke pantai. Rumah ini juga bakal jadi tempat yang dikangenin pas KKN udah beres. Semua bagian di rumah pasti ada kenangan. Terutama ruang tengah tempat ngumpul bareng ber 16. Kamar tidur yang isinya lebih dr 4 orang juga bakal dikangenin banget. Ga pernah bosen kumpul sm temen-temen KKN.

Banyak kesan dan kenangan yang mereka kasih. KKN Kondang Jajar ga akan seseru ini kalo ga ada Arief, Arion, Philip, Bob, Tya, Friska, Shananta, Sandra, Katrin, Afike, Acit, Dian, Yuan, Winda, Dame, Bapak-bapak di balai desa, ibu-ibu PKK & Posyandu, bocah-bocah disekitar rumah, dan ibu tempat sarapan di samping rumah. Makasih banyak teman-teman..

Pesan :

Kalo KKN udah beres, tetep jaga komunikasi ya. Jangan saling lupa. Siapapun yang mau wisuda, kabar-kabarin ya. Tetep adain kumpul-kumpul sampe nanti-nanti ya. Sukses buat semuanya 😀 I’ll miss u all and moments in Kondangjajar :’)

.

Nama         : Winda Nurtiana

Panggilan   : Winda

Facebook   : www.facebook.com/winda.nurtiana

Twitter        : @ndanduy

Fakultas    : Fakultas Teknologi Industri Pertanian

Email         : windanurtiana@yahoo.com

Kesan selama di Kondangjajar

Awal saya memilih Desa Kondagjajar karena saya sangat ingin KKN di Kabupaten Ciamis karena menurut saya infrastruktur dan fasilitas di Ciamis lebih bagus dibanding Kabupaten lainnya. Kondangjajar saya pilih atas ajakan teman saya dan setelah dilihat di google map, lumayan deket juga dari objek wisata seperti Batukaras, Pangandaran, dan Green Canyon . Ketika kami sekelompok tiba di tempat pondokan langsung disambut dengan anak-anak di lingkungan pondokan kami. Anak-anak itu selalu bermain setiap sore bersama kami dan sangat bersahabat bersama kami.

Selain anak-anak, seluruh warga Desa sampai perangkat Desa sangat ramah dan baik dengan kita. Kita selalu dilibatkan dengan semua kegiatan warga Desa seperti bersih-bersih jalan, bersih-bersih mesjid, posyandu, pelatihan catering PKK, pengajian, sampai pernikahan anak kepala dusun dan munggahan pun kami diundang dan selalu didahulukan oleh warga. Setiap kita berkeliling dusun kita selalu disediaiin makan gratis dan kelapa muda.

Intinya Desa Kondangjajar itu Desa yang sangat ramah, sangat terbuka, sangat bersahabat, dan sangat baik terhadap kita. Suatu saat saya harus kembali lagi ke Desa Kondangjajar ini dan kalau terkabul saya ingin mempunyai rumah di Desa Kondangjajar dan menjadi bagian warga Desa Kondangjajar seutuhnya. Amiiiiin. I won’t forget Kondangjajar on my life. Kondangjajar is one of the best place that I’ve ever live. Loving so much with Kondangjajar.

.

Nama           : Yonathan Philip

Email           : yonathanphilip@yahoo.com

Fakultas      : MIPA (Kimia)

Facebook    : Yonathan Philip (https://www.facebook.com/yonathan.philip)

Twitter         : @ytphilip (Yonathan Philip)

Kesan & Pesan :

KKNM Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, 2012. Jujur, awalnya bukan desa ini yang saya pilih untuk jadi tempat tinggal dan belajar saya selama 1 bulan ke depan. Pilihan di desa ini karena diajak sama teman. Tapi ternyata malah teman saya yang ga bisa bisa KKN di desa ini karena error pas daftar X_X. Jadilah saya ‘single fighter’. Akhirnya saya siapkan mental saya untuk hidup di desa selama 1 bulan ke depan. Kalau kata teman2 yang dulu udah pernah KKN, katanya mah bakalan bosen banget, pasti ingin pulang terus rasanya. Apalagi saya sendirian tanpa ada 1 teman pun yang udah kenal dari awal. Tapi, saya bersyukur sekali. Ternyata dapet teman2 KKN yang asyik2.

Awalnya pas pertama ketemu sama mereka semua sih masih canggung. Tapi akhirnya setelah sering ketemu, udah mulai bisa santai sama mereka semua. Kita semua yang KKN di desa Kondangjajar jumlahnya 16 orang, ada yang dari fakultas ekonomi, MIPA, pertanian, peternakan, psikologi, dan FTIP. Anak2nya asyik, seru, gila, gokil, narsis, 4L@Y..hahaha. Selama 1 bulan di sini jadi ga berasa bosen sama sekali, bisa belajar sambil “bermain” tanpa ada perasaan ingin pulang ke Jatinangor ^^. Dan yang lebih bikin bahagia lagi, tempat KKN di desa Kondangjajar emang pilihan yang tepat. Pas pertama tiba di desa, kami “disambut” dengan sangat hangat oleh perangkat desa dan warga desa. Mereka semua sangat ramah dan sopan, mereka benar2 menerima kami semua dengan senyuman yang tulus. Bahkan mereka selalu siap untuk membantu kami kapanpun apabila dibutuhkan.

Hari pertama sampai di “rumah kami” selama sebulan ke depan di desa Kondangjajar ini, kami semua langsung diajak main dengan “bocah2” yang ada di sekitar rumah. Seru dan rame banget, main sama anak2 sampai sore dan malah lupa beres2 rumah ^^. Warga sekitar pun banyak yang datang dan akhirnya kami bisa berbincang dengan mereka, saya banyak bertanya tentang desa Kondangjajar ini. Banyak info yang saya dapatkan dari berbincang dengan seorang bapak yang ternyata dulunya dia seorang mantan perangkat desa di Kondangjajar. Segala keindahan alam dan kelebihan yang ada di desa ini dia ceritakan dengan penuh semangat, sehingga saya pun semakin tertarik dan tidak sabar untuk “menjelajahi” desa ini ^^.

Hari-hari berikutnya di desa Kondangjajar ini benar2 sungguh menyenangkan, seru, menarik dan luar biasa. Desa ini benar2 indah, pemandangan alam yang sungguh mempesona, dengan segala kekayaan alam yang sangat patut disyukuri. Banyak sawah, pohon kelapa & pisang ( yang dimanfaatkan dengan baik oleh warga sehingga dibuat industri nata de coco, kopra, gula kelapa, dan pisang sale), peternakan sapi & domba, tambak udang, sungai, laut, serta ada bandara (Nusawiru)!! :O jarak desa ini ke kawasan liburan juga dekat, misalnya pantai batu karas, batu hiu, pangandaran, sama green canyon, jadi ga usah takut bakalan bosen kalau KKN di Kondangjajar hehe..

Kegiatan2 di desa ini pun berjalan dengan aktif dan lancar, misalnya pengajian warga desa, kegiatan ibu2 PKK (seperti masak2), posyandu, bina keluarga balita, bina keluarga lansia, koperasi simpan pinjam desa, pasar hewan, jumsih (kerja bakti warga desa), munggahan, dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga di desa ini sendiri warganya sudah saling mengenal, tali silaturahminya sangat kuat, dan dapat bekerja sama dengan baik. Kegiatan2 di desa ini kami ikuti dengan senang hati sehingga kami sendiri merasa seperti sudah menjadi bagian dari desa Kondangjajar. Menjelajahi desa yang indah bersama warga dan teman2 baru yang baik, benar2 pengalaman baru bagi saya yang sangat menyenangkan\(^,^)/.

Akhir kata, saya benar2 bersyukur bisa KKN di desa Kondangjajar ini, sangat menyenangkan. Punya banyak pengalaman dan teman2 baru. Banyak pembelajaran dan ilmu yang saya ambil selama ini dari desa Kondangjajar, mulai dari alam, kegiatan, dan adatistiadatnya. Saya sangat berterimakasih kepada seluruh warga desa yang telah menerima kami dengan sangat ramah dan atas seluruh perhatiannya kepada kami. Saya harap desa Kondangjajar ini dapat tetap terjaga keindahan dan kekayaan alamnya, kebersamaan warganya tetap terjalin dengan baik, dan menjadi desa yang lebih maju dan sejahtera lagi. Saya pasti akan rindu untuk kembali ke desa ini. Saya rasa cukup dulu cerita2 saya tentang desa Kondangjajar dan KKN ini, karena kalau diceritain semua pasti bakal panjang dan cape bacanya haha.. ^^

.

Nama         : Yuanita Rahmah

Panggilan   : Yuan

Asal            : Yogyakarta

Facebook   : yuanita.rahmah (https://www.facebook.com/yuanita.rahmah)

Twitter        : @Yoe06chikage

Email         : yoe06chikage_takuy@yahoo.com

Fakultas/Jurusan : TIP/ Teknologi Pangan

Kesan-kesan selama di Kondangjajar :

Pertama kali dengar Desa Kondangjajar itu saya langsung terbayang desa yang kondang dalam bahasa jawa itu paling tersohor, terus jajar itu teratur, dan ternyata setelah beberapa hari tinggal di sini memang desa Kondangjajar memang desa yang menurut saya desa terkondang dan teratur. Warganya santun dan ramah-ramah dari mulai ibu-ibu, bapak-bapak, anak kecil sangat welcome saat kedatangan kita ke desa tersebut, apalagi saat saya dan teman-teman peserta kkn sampai ke pondokan, kami udah disambut oleh teriakan dan sahutan cerianya anak-anak yang tinggal di sekitar rumah pondokan kami. Selain itu, desa Kondangjajar juga desanya yang sudah cukup maju. Pondokan kami terletak di dusun Binangun.

Sehari setelah kami disini merasa sangat disambut dengan hangat dan masyarakat merespon baik kedatangan kita, karena setiap kegiatan baik kegiatan sosial dan kegiatan kemasyarakatan yang akan mereka lakukan kami selalu diundang untuk ikut berpartisipasi. Disetiap kegiatan kita selalu dapat bimbingan dan arahan, selain itu mereka memaklumi karena kami sering menggunakan bahasa Indonesia yang dicampur-campur dengan bahasa sunda. Si ibu-ibu sering bilang “Teu nanaon neng”..hihihi. Sepulang dari kegiatan di desa maupun di dusun-dusun Kondangjajar disambut dengan teriakan anak-anak yaitu “KKN”, kita sering maen-maen bareng.

Walaupun baru sebentar tinggal di pondokan tersebut sudah seperti merasa itu desa sendiri, apalagi kekayaan alam yang sangat indah saat menyelusuri dari pondokan sampai bandara nusawiru dengan jalan kaki. Takjub melihat pesisir hutan bakau gitu..wah langitnya sebiru air laut yang terlihat jauh Bojong Salawe seperti pengen terbang. Superman dateng kesini dong ajak aku ikut terbang. Dimana mata memandang bener-bener subhanallah banget…ngett..ngetttt… Desa Kondangjajar memang Oh Yeeeeh…hehehe selama disini memang kenangannya indah-indah, belajar kepada masyarakat tentang kesederhanaan, keramahan, kegotong-royongan, jiwa sosial yang tinggi dimana ingin memajukan dan memberdayakan masyarakat yang sungguh luar biasa. Selain itu ingin dalam hati perbaikan diri dengan menggemukan badan hehe, sering sekali disaat mendapat jamuan makanan gratis dan begitu merasakan kehangatan memiliki keluarga baru di desa ini saat acara munggahan..seruuu banget deru ombak batu karas trus bakar-bakar ikan dan canda tawa bersama warga dan perangkat desa Kondangjajar.

Yang aku suka adalah ikan CEMOD-nya suka bangeeeeddzzz.. haha.. Selain itu deket ma wisata disaat jenuh bisa refreshing ke wisata alam ke Batu Karas, Pangandaran, tinggal Green Canyon, semoga terealisasikan sebelum kembali beraktivitas di kampus. Desa Kondangjajar senangnya saya KKN di desa ini begitu banyak hal yang positif dan bermanfaat yang diambil dalam moment ini, meski hanya 1 bulan tapi saya dan teman-teman pasti kaaaanggeeeennn bangeeet dengan kearifan, kesederhanaan, kepatuhan masyarakatnya dan kegotong-royongan yang insyallah bisa kami terapkan dan jaga dengan baik… Uhhmmm sekian kesan-kesan dari saya..kurangnya boleh ditambah kalau kelebihan ya udah dimaklumin aja.

.

Nama          : Yusdian Dany

Panggilan    : Dian 

Facebok       : Yusdian Dany (https://www.facebook.com/yusdian.dany)

Twitter         : @yussimillet

Blog             : yusdiandany79@gmail.com

Email          : rara_wines@yahoo.com

Fakultas/ jurusan: FTIP/ Teknologi Industri Pangan

Kesan-Kesan Selama KKNM di Desa Kondangjajar:

Selama di desa Kondangjajar saya mendapatkan pengalaman kehidupan dipedesaan yang sangat menyenangkan, kaya akan kearifan lokal, ramah tamah, aktif, kreatif, dan pengalaman-pengalaman lain yang membuat saya semakin membuka lebar wawasan saya mengenai kehidupan pedesaan terutama yang berkaitan dengan jurusan saya teknologi pangan. Desa Kondangjajar merupakan desa yang sangat aktif menurut saya karena ditiap-tiap dusun terdapat kegiatan-kegiatan yang sanagat bermanfaat bagi warga didesa tersebut. Dusun-dusun yang terdapat didesa Kondangjajar adalah dusun Cikaler, dusun Garunggang, dusun Binagun, dan dusun Kalensari. Tiap dusun yang kami ikuti kegiatannya sangat menginspirasi saya untuk menjadi aktif dilingkungan saya tinggal nantinya dan tempat saya menerapkan ilmu saya, yang saya terima selama diperkuliahan dan selama mengikuti KKN ini.

Selama di desa Kondangjajar saya dan teman-teman KKN lainnya mengikuti berbagai kegiatan dan belajar dari warga desa yaitu kegiatan mengunjungi dan belajar dari unit usaha kecil menengah nata de coco, pisang sale, kopra, mengikuti kegiatan posyandu, pembangunan jalan raya didusun Cikaler, mengikuti kegiatan dipasar hewan kondangjajar, analisis koperasi/LKK, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang memperkaya ilmu pengetahuan selama diperkuliahan dengan kegiatan yang benar-benar ada dilapangan. Warga didesa Kondangjajar sangatlah ramah dan didesa ini sangat banyak anak-anak yang baik dan pintar yang sering bermain bersama kami dan kami banyak belajar bahasa sunda dari mereka.

Setiap kami akan pergi ataupun akan mengadakan kegiatan warga selalu menyapa kami dengan ramah sesuai ciri khas warga desa yang sangat ramah dan masih memiliki rasa persaudaraan dan keakraban yang tinggi. Saya belajar bahwa keikhlasan dan kesederhanaan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kerukunan dan kearifan lokal yang ada disuatu daerah. Kearifan lokal yang ada didesa Kondangjajar seperti keikhlasan warga menjadi pengurus kegiatan PKK dan LKK seperti koperasi, playgroup, posyandu, bina keluarga yang mana kegiatan tersebut tidak mendapatkan bayaran seberapa dan dapat digolongkan sangat kecil sangat menyentuh hati saya dan selalu membekas dibenak saya bahwa untuk kemajuan suatu desa atau kemajuan suatu dusun sangat diperlukan keikhlasan yang tinggi dan rasa pengabdian yang tinggi.

Kesan saya terhadap desa ini sangat mengagumkan karena setiap hari selalu ada kegiatan bermanfaat yang dilakukan dan kegiatan mereka tidak terlepas dari kreatifitas dan keaktifan yang tinggi untuk pembangunan desa menjadi lebih baik lagi. Selain itu saya merasa bangga karena desa ini dalam setiap kegiatan usaha kecil menengah sangat memperhatikan lingkungan terutama yang berkaitan dengan limbah. Kesan saya kesederhanaan dan keihlasan adalah ciri khas dari desa Kondangjajar tercinta. Kesan saya mengenai keadaan desa yang dekat dengan tempat pariwisata sangatlah menyenangkan, apalagi warga desa dan kepala dusun senang dan sering sekali menyarankan untuk pergi berjalan-jalan ke tempat pariwisata disekitar kondangjajar setelah selama 5 hari mengikuti kegiatan yang ada didesa dan belajar dari warga desa yang cukup padat di hari-hari KKN ini.

Tempat pariwisata yang kami datangi adalah batu karas kami mengunjunginya sebanyak 2 kali yang pertama hanya menikmati pemadangan alam dibatu karas dan yang kedua kami mencoba wahana banana boat dan lain-lain. Setelah itu tempat wisata kedua yang kami kunjungi adalah pantai pangandaran dan cagar alam yang berada dipangandaran serta mencoba berlayar dan snorkling. Kegiatan yang berada ditempat wisata ini sangat menyenangkan dan memberikan pengalaman tersendiri yang belum pernah saya rasakan sebelumnya karena kepenatan dan kesibukan selama kuliah, selan itu hanya daerah Ciamis lah yang memiliki obyek wisata seindah tempat wisata ini menurut saya. Kesan saya mengenai teman-teman KKN saya adalah saya merasa sangat senang mendapatkan teman-teman yang begitu baik dan bersahabat. Setiap hari selalu ada kegiatan yang menyenangkan yang kami lewati bersama.

Kebersamaan kami semakin tumbuh dan persahabatan satu sama lain semakin terpupuk dari hari kehari semakin kompak. Kegiatan rumah tangga dilakukan bersama dan dikerjakan secara gotong royong dengan menyenangkan. Setiap orang memiliki ciri khas masing-masing dan hal itu dapat semakin memperkuat persahabatan yang ada. Setiap hari kami selalu melakukan evaluasi sesudah kegiatan dilakukan dan briefing untuk kegiatan besok hari agar kegiatan berjalan lancar.

Pesan:

Kondangjajar harus sealu bisa mempertahankan kearifan lokal yang ada karena itulah cirikhas kondangjajar yang bikin aku semakin cinta. Teman2 kkn tetep kompak terus yaaa dan keep contact meskipun nanti udah jarang ketemu ocreee..

Iklan

Munggahan

Munggahan Bersama Aparat Desa

 

Munggahan adalah salah satu tradisi masyarakat Desa Kondangjajar dalam menyambut bulan Ramadhan. Acara ini yaitu acara makan bersama di suatu tempat dengan bertukar cerita dan bercanda bersama.

Acara munggahan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2012 yang dihadiri oleh seluruh perangkat desa, kader posyandu, tokoh masyarakat, dan mahasiswa KKNM dan bertempat di pantai Batu Karas.

Acara ini sangat menyenangkan karena mahasiswa dapat belajar dan merasakan tradisi menjelang bulan Ramadhan ini. Selain itu mahasiswa juga dapat mempererat tali silaturahmi dan lebih mengakrabkan diri bersama kader posyandu, tokoh masyarakat, dan aparat desa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bina Keluarga Balita

Ikut Serta dalam Kegiatan BKB Mawar dan Melati

 

Kegiatan Bina Keluarga Balita rutin diadakan satu bulan sekali di Dusun Garunggang dan Binangun.

Mahasiswa KKNM ikut serta dalam kegiatan ini pada tanggal 29 Juli 2012 di BKB Mawar dan 31 Juli 2012 di BKB Melati.

Kegiatan yang dilakukan yaitu ikut bermain bersama balita dan ikut mengidentifikasi perkembangan balita bersama para kader dan orangtuanya.

Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu dapat mengakrabkan diri dengan warga Binangun dan Garunggang.

 

 

 

 

 

 

 

Pesantren Kilat

Pesantren Kilat Ramadhan di Mesjid Al-Muttaqin

 

Pesantren Kilat Ramdhan ini diadakan selama 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 25, 26, dan 27 Juli 2012.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu pada tanggal 25 Juli 2012 diadakan lomba cerdas cermat bagi santri-santri Al-Muttaqin. Isi materi cerdas cermat ini yaitu mengenai pengetahuan tentang Islam.

Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2012, kegiatan yang dilakukan adalah lomba membuat kaligrafi bagi santri usia 4-8 tahun dan 9-12 tahun.

Sesi ketiga dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2012, kegiatan yang dilakukan adalah menonton film islami yang ringan sehingga anak dapat menyerap nilai-nilai positif dari film tersebut.

Pada tanggal 27 Juli ini juga sekaligus dilakukan pemberian hadiah bagi juara menggambar kaligrafi dan juara cerdas cermat.

 

 

 

 

 

 

 

Pembersihan Balai Desa

Pembersihan Balai Desa Kondangjajar

 

Keadaan Balai Desa Kondangjajar yang agak kotor mendorong mahasiswa KKNM untuk melakukan pembersihan Balai Desa Kondangjajar.

Pembersihan ini dilakukan bersama-sama dengan aparat desa pada hari Jumat tanggal 27 Juli 2012. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih mahasiswa KKNM kepada Desa Kondangjajar. 

 

 

 

Jumsih

Melakukan Jumat Bersih Bersama Warga Garunggang

Kegiatan operasi kebersihan pada hari Jumat pagi biasa dilakukan oleh warga Desa Kondangjajar, khususnya warga Dusun Garunggang. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar, membuat lingkungan menjadi lebih indah, bebas penyakit, serta untuk menanamkan rasa kebersamaan antar warga.

Mahasiswa KKNM ikut serta dalam kegiatan ini pada tanggal 13 Juli 2012. Mahasiswa KKNM diterima dengan sangat ramah oleh warga dan mahasiswa dapat berbaur dengan warga Garunggang.

Bina Keluarga Lansia

Berpartisipasi dalam Bina Keluarga Lansia di Balai Dusun Kalensari

Kegiatan Bina Keluarga Lansia rutin diadakan satu bulan sekali di Dusun Kalensari .

Mahasiswa KKNM ikut serta dalam ini pada tanggal 21 Juli 2012.

Dusun Kalensari adalah satu-satunya dusun di Desa Kondangjajar yang menyelenggarakan Bina Keluarga Lansia ini dan menjadi juara BKL se-Kabupaten Ciamis.

Kegiatan yang dilakukan yaitu ikut membantu menimbang dan mengukur tinggi badan lansia, melakukan pengabsenan lansia, serta ikut membantu kader posyandu dalam melakukan kegiatannya seperti mencatat tekanan darah para lansia tersebut.

Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu dapat mengakrabkan diri dengan warga Kalensari.

Pembersihan Mesjid Al-Muttaqin

Membantu Pembersihan Mesjid Al-Muttaqin Dusun Binangun

 

Mesjid Al Muttaqin adalah mesjid yang paling dekat dengan pondokan kami.

Kondisi mesjid ini cukup memprihatinkan diantaranya kamar mandi atau toilet yang tidak bisa digunakan dan tidak terurus karena lampu yang tidak bisa dialiri listrik, bak air yang tidak dapat diisi air, keran air banyak yang tidak layak guna, dan halaman depan yang sedikit kotor.

Hal demikian membuat mahasiswa KKNM memiliki keinginan untuk membersihkan fasilitas umum tersebut, karena selain untuk menjaga kebersihan juga dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadhan sehingga masjid lebih nyaman digunakan untuk beribadah.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 Juli  2012.

 

 

 

Silaturahmi

Menghadiri Acara Pernikahan Putra Kepala Dusun Binangun

 

Putra Bapak Ellon (Kepala Dusun Binangun) menikah pada tanggal 16 Juli 2012 di Dusun Kalensari. Mahasiswa KKNM diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Acara tersebut berjalan lancar dan menggunakan adat pernikahan sunda sehingga mahasiswa KKNM yang tidak berasal dari daerah sunda dapat belajar mengenai adat istiadat pernikahan sunda.

Mahasiswa KKNM juga dapat beramah tamah dan bergaul dengan semua warga Desa Kondangjajar.

 

 

 

 

Kunjungan – 3

Kunjungan Kelompok Peternak

Desa Kondangjajar memiliki banyak kelompok peternak dan dipusatkan di kawasan Nusa, Dusun Kalensari. Kelompok peternak yang terdapat di kawasan tersebut adalah peternak sapi brahman serta PO dan kelompok peternak sapi limousin.

Kelompok peternak sapi limousin ini merupakan kelompok sapi yang berhasil menjadi juara tingkat nasional untuk kategori peternak sapi. Peternak yang terdapat di kawasan ini juga adalah peternak domba serta kambing.

Mahasiswa KKNM mengunjungi kelompok ternak pada tanggal 8 Juli 2012. Pemilik kelompok ternak dan para pegawai sangat ramah dan menyampaikan seluruh informasi mengenai peternakannya secara rinci sehingga mahasiswa dapat mengetahui secara detil mengenai peternakan tersebut.

Posyandu

Berpartisipasi dalam Posyandu Mawar serta Posyandu Melati

Kegiatan posyandu rutin diadakan satu bulan sekali di Desa Kondangjajar. Posyandu ini dilakukan di empat dusun yaitu Dusun Binangun, Dusun Kalensari, Dusun Garunggang, dan Dusun Cikaler.

Mahasiswa KKNM ikut serta dalam kegiatan posyandu Mawar di Dusun Binangun pada tanggal 12 Juli 2012, dan posyandu Melati di Dusun Garunggang pada tanggal 17 Juli 2012.

Kegiatan yang dilakukan yaitu ikut membantu menimbang dan mengukur tinggi badan balita, melakukan pengabsenan balita, serta ikut membantu kader posyandu dalam melakukan kegiatannya. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu dapat mengakrabkan diri dengan warga Binangun dan Garunggang.