Kunjungan

Kunjungan Industri Kelapa

Desa Kondangjajar adalah salah satu desa di Kecamatan Cijulang yang memiliki banyak pohon kelapa yang ditanam oleh masyarakat. Tanaman kelapa adalah salah satu tanaman yang pemanfaatannya paling banyak. Batang kelapa dapat dijadikan menjadi kayu untuk membangun rumah, daun kelapa dapat dijadikan sapu lidi, bunga kelapa dapat dijadikan nira, dan tentu saja buah kelapa yang dapat dimanfaatkan menjadi bermacam-macam olahan. Sabut kelapa dapat dimanfaatkan menjadi keset, batok kelapa bisa dimanfaatkan sebagai hiasan, air kelapa dan buahnya dapat dijadikan macam-macam masakan.

Industri berbasis kelapa banyak tumbuh di Desa Kondangjajar karena banyaknya pohon kelapa tersebut. Industri tersebut diantaranya Nata de Coco, kopra, dan gula aren. Nata de coco dihasilkan dari fermentasi air kelapa oleh Acetobacter xylinum. Acetobacter xylinum ini dapat mengubah glukosa menjadi selulosa. Jalinan selulosa inilah yang membuat nata terlihat putih.

Tahapan yang harus dilakukan untuk membuat nata adalah persiapan media, penambahan starter, inkubasi, fermentasi, pemanenan, penghilangan asam dan pengawetan. Hal yang dilakukan untuk sterilisasi pada industri ini yaitu dengan mengelap wadah yang akan digunakan dengan menggunakan etanol dan dipanaskan dengan bunsen. Wadah-wadah yang berisi air kelapa dan starter ini kemudian ditutup dengan kertas koran dan difermentasikan selama satu minggu.

Kopra adalah buah kelapa yang dibakar dan dikeringkan sampai dengan hitam sehingga semua kandungan air kelapa hilang. Kopra yang dihasilkan oleh industri ini digunakan untuk memasok pabrik minyak goreng di daerah Sidamulih. Gula aren adalah gula yang dibuat dari hasil aren yang diaduk terus menerus dalam dandang panas sampai berwarna coklat. Gula yang telah mengental ini kemudian dicetak dan dibiarkan semalam hingga mengeras. Ketiga industri kelapa ini berada di Dusun Binangun dan dikunjungi oleh mahasiswa KKNM pada 4 Juli 2012. Hasil yang didapatkan yaitu mahasiswa dapat mengetahui secara langsung proses pengolahan kopra, nata de coco, dan gula aren serta dapat lebih mengakrabkan diri dengan pekerja industri tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s